Apa itu Monorel
Apa itu Monorel – Kebutuhan akan penggunaan Transportasi massal di Kota-Kota Besar sangat mendesak, mengingat saat ini hampir di setiap Kota Besar sudah dilanda kemacetan yang luar biasa, apalagi ditambah semakin banyaknya kendaraan-kendaraan pribadi yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan jalan. Banyk sekali alternatif penggunaan alat transportasi massal salah satunya penggunan Monorel.
Tetapi sebetulnya Apa itu Monorel ? dan apa perbedaannya dengan kereta biasa?Monorel sendiri adalah sebuah jalur kereta tunggal, sedangkan kereta biasa (tradisional) memiliki dua rel paralel. Rel kereta monorel sendiri terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet. Dan biasanya ada jalur khusus relnya sendiri yang ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi jalur monorel ini berada di atas sehingga tidak memakan jalur jalan lainnya. Berikut ini informasi mengenai apa itu monorel :
Kereta Monorel di Kuala Lumpur Malaysia
Ada dua Tipe dan Jenis monorel yaitu :
Tipe suspended dimana kereta bergantung dan melaju di bawah rel.
Tipe ini jenis keretanya menggantung karena jalur rel nya berada diatas. Bisa dibilang mirip kereta gantung
Foto Monorel Tipe suspended
Tipe straddle-beam dimana kereta berjalan di atas rel.
Tipe kereta ini konsepnya sama dengan kereta biasa, dimana kereta berjalan diatas jalur rel
Foto Monorel Tipe straddle-beam
Monorel pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov. Dan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun sampai dengan saat ini. Monorel ini dijalakan oleh mesin elektronik. Tetapi menggunakan Monorel ini sendiri memiliki keuntungan dan kelebihannya, diantaranya :
Kelebihan Monorel
1. Membutuhkan ruang yang kecil baik ruang vertikal maupun horizontal. Lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena dibuat di atas jalan, hanya membutuhkan ruang untuk tiang penyangga.
2. Terlihat lebih “ringan” daripada kereta konvensional dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
Tidak bising karena menggunakan roda karet yang berjalan di beton.
3. Bisa menanjak, menurun, dan berbelok lebih cepat dibanding kereta biasa.
Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, risiko terguling jauh lebih kecil. Resiko menabrak pejalan kaki pun sangat minim.
4. Resiko kereta tergelincirpun sangat minim karena kereta membungkus jalur
Lebih murah untuk dibangun dan dirawat dibanding kereta bawah tanah.
Kekurangan Monorel
1. Dibanding dengan kereta bawah tanah, monorel terasa lebih memakan tempat.
2. Dalam keadaan darurat, penumpang tidak bisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun.
3. Kapasitasnya masih dipertanyakan.
4. Sulit untuk membuat jalur persimpangan
Infrastruktur Monorel sering dibuat oleh produsen yang berbeda-beda sehingga terkadang ada komponen yang tidak kompatible
Sudah banyak negara yang menggunakan monorel seperti Jepang, Malaysia, Singapura, Cina, Korea Selatan, Belgia, Jerman, Italia, Russia, Irlandia, Inggris, Amerika Serikat , Australia dan Brazil. Kemudian ada negara yang sedang mempersiapkan penggunaan monorel seperti di Teheren Iran, Putrajaya Malaysia, Hongkong, India. Dengan adanya sedikit informasi ini teman-teman jadi lebih tau Apa itu Monorel .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar